Loading...

Mikroskop: Jenis, Bagian dan Fungsi serta Cara Menggunakannya

Advertisement

Pengertian Mikroskop

Dalam mempelajari biologi, mikroskop menjadi alat yang sangat dibutuhkan, terutama untuk pengamatan dan penelitian. Lalu tahukan Anda apa itu mikroskop?
Mikroskop adalah alat optik yang terdiri atas susunan beberapa lensa pembesar yang digunakan untuk melihat benda, jasad renik, mikroorganisme, atau bagian tubuh makhluk hidup yang berukuran sangat kecil yang tidak dapat dilihat menggunakan mata telanjang.

Jadi, jika Anda ingin mengamati tumbuhan atau hewan bersel satu (bakteri atau virus), Anda dapat mengamatinya dengan menggunakan mikroskop.

Jenis-Jenis Mikroskop

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, macam-macam mikroskop sangat banyak sekali. Beberapa diantaranya digunakan untuk kebutuhan percobaan sederhana, untuk penelitian dan juga keperluan medis. Semuanya menggunakan jenis mikroskop yang berbeda-beda.
Namun dalam Artikel ini hanya akan dibahas 5 jenis mikroskop saja. Kelima jenis mikroskop tersebut yaitu:

1. Mikroskop Cahaya

Mikroskop cahaya adalah mikroskop yang menggunakan sumber cahaya dari sinar matahari atau lampu dalam ruangan. Lensa yang dipakai terdiri dari 3 jenis yaitu: lensa objektf, okuler dan kondensor. Sebuah mikroskop cahaya dapat memperbesar pengelihatan Anda menjadi 1.000 kali, sehingga benda/objek yang berdiameter 0,2 mikrometer dapat dilihat.
mikroskop cahaya
Gambar Mikroskop Cahaya


Cara kerja mikroskop cahaya adalah sumber cahaya dipantulkan oleh lensa kondensor di bawah mikroskop pada objek di atasnya. Penampakan objek diterima oleh lensa okuler untuk diperbesar, kemudian diperjelas di ujung atas tabung

Jenis mikroskop ini memiliki beberapa kelemahan, terutama pada ketergantungan terhadap cahaya luar. Jika sedang mendung atau mati listrik, mikroskop ini tidak dapat digunakan. Sehingga penggunaanya hanya efektif untuk penelitian kecil dengan durasi waktu yang singkat. Mikroskop jenis ini biasa digunakan di laboratorium sekolah dan laboratorium medis kecil

2. Mikroskop Stereo

Mikroskop Stereo memiliki kemampuan perbesaran maksimal hanya 7-30 kali saja. Sumber cahaya yang digunakan berupa pencahayaan elektronik. Lensa yang dipakai sama dengan lensa pada mikroskop cahaya.
Gambar Mikroskop Stereo
Gambar Mikroskop Stereo
Cara kerja mikroskop stereo juga sama dengan cara kerja mikroskop cahaya, hanya saja hasil penampakannya beruba objek 3D. Jadi Anda bisa melihat penampakan objek secara detail, baik fisik maupun tekturnya secara tiga dimensi

3. Mikroskop Elektron

Mikroskop elektron merupakan penyempurnaan dari mikroskop cahaya, dimana sumber cahaya yang digunakan berasal dari dalam mikroskop itu sendiri. Mikroskop elektron mengandalkan pencahayaan yang berasal dari komponen elektro statik dan elektro dinamik. Daya perbesaran mikroskop ini mencapai 100.000 kali.
Gambar Mikroskop Elektron
Gambar Mikroskop Elektron
Cara kerja mikroskop elektron cukup rumit, dimana objek yang akan diamati diletakkan pada bagian lensa okuler canggih. Selanjutnya penampakan diperbesar melalui pengaturan aliran elektrode yang ada di dalah mikroskop. Nah hasil dari penampakan tersebut divisualisasikan dalam bentuk digital dan data di dalam komputer

 

4. Mikroskop Ultraviolet

Mikroskop ini meruakan modifikasi dari mikroskop cahaya. Dimana cahaya yang dipakai bukan cahaya terlihat/cahaya matahari, melainkan sinar ultraviolet. Karena sinar ultraviolet mempunyai panjang gelombang pendek, maka hasil penampakannya bisa sampai dua kali lipat.
Gambar Mikroskop Ultraviolet
Gambar Mikroskop Ultraviolet
Cara kerja mikroskop ultraviolet ini adalah objek ditaruh di bagian pengamatan, kemudian diberikan cahaya ultraviolet dari bagian bawahnya. Karena tidak mungkin dilihat dengan mata, maka digunakan lembar film untuk menangkap penampakannya. Jadi hasil penampakan akan terlihat dalam bentuk lembar film mirip ronsen.

 

5. Mikroskop Pendar

Mikroskop ini digunakan untuk mendeteksi keberadaan benda asing/antigen seperti bakteri, virus, atau ricketsia. Untuk mikroskop biasa pastinya sulit, karena bentuknya yang terselip dalam protein dalam sel. Namun dengan mikroskop pendar ini akan nampak terlihat jelas.
Gambar Mikroskop Pendar
Gambar Mikroskop Pendar
Cara kerja mikroskop pendar yaitu pertama-tama sel ditetesi serum khusus untuk memisahkan antigen dan rotein. Cairan tersebut adalah cairan pendar yang bereaksi khas terhadap antigen. Dimana warna antara antibodi (sel) tubuh dan warna antigen (benda asing) nampak berbeda. Dari warna pendar antigen yang mencolok tersebut barulah diamati dan dapat diketahui seperti apa antigen tersebut.

Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya dan Fungsinya

Berikut ini adalah gambar bagian-bagian mikroskop cahaya
Gambar Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya Lengkap
Gambar Bagian-Bagian Mikroskop
Fungsi Bagian-bagian mikroskop cahaya:

1.       Lensa objektif adalah lensa yang menghadap ke arah preparat yang berfungsi memperbesar bayangan preparat. Perbesaran yang tersedia adalah 10 kali, 40 kali, dan 60 kali.
2.       Revolver atau pemutar lensa adalah alat yang digunakan untuk memasang lensa objektif. Alat ini dapat diputar-putar agar lensa objektif berada pada kedudukan yang sesuai.
3.       Lensa okuler adalah lensa yang menghadap ke arah mata kita yang berfungsi untuk memperbesar bayangan dari lensa objektif. Perbesaran yang tersedia adalah 10 kali, 40 kali, dan 100 kali.
4.       Tubus okuler adalah bagian yang menghubungkan lensa okuler, revolver, dan lensa objektif.
5.       Sumber Cahaya (bisa juga menggunakan cermin) merupakan bagian alat penerang yang berfungsi untuk memancarkan cahaya ke arah kondensor.
6.       Diafragma merupakan bagian yang dapat mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk. Bagian ini dapat menutup dan membuka.
7.       Kondensor merupakan bagian yang berfungsi memusatkan cahaya pada preparat yang kita amati.
8.       Kaki Mikroskop yang bentuknya menyerupai tapal kuda.
9.       Penyangga yang menghubungkan dasar dan pegangan mikroskop.
10.   Lengan mikroskop yang merupakan tempat memegang mikroskop.
11.   Meja benda yang berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan preparat yang akan diamati dengan mikroskop. Bagian tengah meja ini berlubang sebagai lubang untuk masuknya cahaya dari kondensor.
12.   Penjepit berfungsi sebagai penjepit kaca yang berisi preparat agar tidak bergeser-geser.
13.   Makrometer atau tombol pengatur kasar berfungsi menggerakkan lensa naik-turun dengan cepat.
14.   Mikrometer atau tombol pengatur halus berfungsi menggerakkan lensa naik-turun secara perlahan-lahan.

Cara Menggunakan Mikroskop Cahaya

Berikut ini adalah langkah-langkah sistematis dalam menggunakan mikroskop cahaya lengkap dengan gambarnya:
1.  Letakkan mikroskop di atas meja dengan cara memegang lengan mikroskop sedemikian rupa sehingga mikroskop berada persis di hadapan pemakai.
cara menggunakan mikroskop cahaya
2.  Putar revolver sehingga lensa objektif dengan perbesaran lemah berada pada posisi satu poros dengan lensa okuler yang ditandai bunyi klik pada revolver
cara menggunakan mikroskop cahaya
3.  Atur cermin dan diafragma untuk melihat kekuatan cahaya masuk, hingga dari lensa okuler tampak terang berbentuk bulat.
cara menggunakan mikroskop cahaya
4.  Tempatkan preparat pada meja benda tepat pada lubang preparat dan jepit dengan penjepit objek atau benda.
cara menggunakan mikroskop cahaya
5.  Aturlah fokus untuk memperjelas gambar objek dengan cara memutar makrometer, sambil dilihat dari lensa okuler. Untuk mempertajam putarlah mikrometer.
cara menggunakan mikroskop cahaya
6.  Apabila bayangan objek sudah ditemukan, maka untuk memperbesar gantilah lensa objektif dengan ukuran dari 10 kali,40 kali atau 100 kali, dengan cara memutar revolver hingga bunyi klik.
cara menggunakan mikroskop cahaya
7.  Amati Objek (benda) secara seksama dan buat catatan mengenai penampakan benda yang terlihat jika diperlukan.
8.  Apabila telah selesai menggunakan, bersihkan mikroskop dan simpan pada tempat yang tidak lembab.

Demikianlah artikel tentang pengertian, macam-macam, cara kerja, bagian-bagian dan fungsi serta cara penggunaan mikroskop. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Post a Comment

Mohon berkomentar secara bijak dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik permasalahan dalam artikel ini. Dan jangan ikut sertakan link promosi dalam bentuk apapun.
Terimakasih.

emo-but-icon

Home item

Materi Terbaru